Pilihan Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Dokumen
Bahruddin MD dalam acara Kick Andy, MetroTV
image

Bahruddin MD

Penemu metode Jari Aljabar, Bahruddin MD, tampil dalam acara Kick Andy pada hari Ahad, 20 Feb 2011 di studio MetroTV. Tahun lalu, tanggal yang sama, 20 Februari 2010 Jari Aljabar dianugerahi Piagam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori bidang penemuan. Alhamdulillah, terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Jari Aljabar.

SISWA JARI ALJABAR BERPRESTASI
image

Siswa-siswi Jari Aljabar :

Putri (Cabang Jakarta Timur), Binti Heavi (Bandung), Nabila (Bandar Lampung) dan siswa lainnya dari berbagai cabang  menyandang prestasi menghitung cepat dengan metode Jari Aljabar. Teruji dan terbukti saat di tes oleh Manajer Rekor Muri dan Para Wartawan yang meliput acara penganugrahan Piagam Rekor Dunia Indonesia (MURI) kepada Bp Bahruddin MD sebagai penemu Metode Jari Aljabar, pada 20 Feb 2010 di Semarang. Semoga ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi  para orang tua siswa agar putra-putrinya dapat belajar Metode Jari Aljabar di cabang/unit  terdekat.

SISWA JARI ALJABAR BERPRESTASI
image

Nabila : Siswi Jari Aljabar Cabang Bandar Lampung

JARI ALJABAR MERAIH ANUGERAH REKOR DARI MURI
image

Keunggulan Metode Jari Aljabar

 

Alhamdulillah, keunggulan Metode jari Aljabar mendapat pengakuan berupa piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori penemuan. Keunggulan yang masuk dalam kriteria penilaian adalah (1)metode Orisinil, (2)menggunakan bilangan basis sepuluh, (3)formasi lambang bilangan konsisten dan tetap, (4)tanpa alat dan tanpa rumus, dan (5)diselenggarakan dengan pendekatan Islam.

Dengan segala keunggulan di atas, metode Jari Aljabar sangatlah mudah, cepat, cerdas dan menyenangkan ntuk dipelajari. Tampak pada foto para perwakilan siswa Jari Aljabar yang berprestasi, melakukan demo menghitung cepat dengan metode Jari Aljabar. Turut mendampingi, penemu Metode Jari Aljabar, Bahruddin MD pada penganugerahan Rekor MURI, Semarang, 20 Februari 2010.

PROGRAM EKSKUL DAN PRIVAT
image

SDIT  A.Hidayatullah Cilangkap

Jari Aljabar bekerjasama dengan sekolah-sekolah TK dan SD untuk menerapkan metode Jari Aljabar dalam program Ekstra Kurikuler Matemtika. Alhamdulillah dengan menerapkan metode Jari Aljabar prestasi para siswa terus meningkat. Sekolah yang telah menerapkan Metode Jari Aljabar diantaranya adalah : TK/SDIT A.Hidayatullah Cilangkap, TK Alhikam Kebon Jeruk, TK Mutiara Bangsa Kalideres Jakbar, SDIT Assahadatain Depok, dll. Mudah2an ini menjadi motivasi bagi sekolah2 lain untuk segera menerapkan metode Jari Aljabar sebagai program Ekskul disekolahnya.


PRIVATE/LES DI RUMAH

Pogram Private atau Les untuk belajar di rumah siswa dengan ketentuan Satu kelompok belajar terdiri dari min 2 siswa dan maks 3 siswa dengan biaya sebesar Rp 600.000/bln.

Buku Jari Aljabar
image

Ayo Belajar Jari Aljabar

--------------------------------------------------------------------------------------------------

JARI ALJABAR VS METODE LAIN

Terlalu banyak pertanyaan dari masyarakat luas tentang perbedaan Metode Jari Aljabar dengan metode berhitung lain yang juga menggunakan jari tangan sebagai medianya.
Setidaknya ada 8 perbedaan substansial, yakni:

 

  1. Jari Aljabar dikonsep secara original tanpa adopsi dari metode sempoa tradisional atau lainnya.  Metode lain dikonsep dengan mengadopsi metode sempoa
  2. Jari Aljabar dikonsep dengan bilangan basis 10 (sepuluh) sesuai kaidah matematika, beberapa metode lain dikonsep dengan biangan basis 5 (lima) sehingga tidak sesuai dengan kaidah matematika.
  3. Jari Aljabar tidak menggunakan rumus yang rumit seperti istilah "teman besar-teman kecil" atau gabungan dari kedaunya, beberapa metode lain menggunakan rumus yang rumit tersebut.
  4. Lambang bilangan Jari Aljabar konsisten ketika digunakan untuk operasional, beberapa metode lain tidak konsisten ketika digunakan untuk opersional.
  5. Jari Aljabar diajarkan dengan pendekatan pendidikan Islam, beberapa metode lain diajarkan secara konvensional.
  6. Jari Aljabar mendapat piagam Museum Rekor Dunia Indonesia kategori penemuan berkat metodenya yang original. 
  7. Lambang bilangan Jari Aljabar terdaftar di Kemenkumham dilindungi oleh Undang-undang Hak Cipta. Beberapa metode lain yang juga menggunakan jari sebagai medianya belum terdaftar, karena hampir semua metode tersebut menggunakan lambang yang sama.
  8. Jari Aljabar lebih mudah, cepat dan cerdas. Hal ini dibuktikan oleh kesaksian para peserta pelatihan yang juga pernah mengikuti pelatihan pelatihan metode lain.
Itulah pembedaan yang obyektif dan ilmiah, sehingga Jari Aljabar mendapat kepercayaan masyarakat luas dari berbagai kalangan, termasuk kalangan akademis dan institusi pendidikan.
Terima kasih kepada semua atas kepercayaan dan dukungannya kepada Jari Aljabar.
Salam sukses untuk kita semua.
RSS Feed
Assalamualaikum...
image

Penemu Metode Jari Aljabar Bahruddin MD

+6281218979357


Jari Aljabar Center Indonesia.
Perumahan Limus Pratama Regency,
Jl. Blitar Blok F5 no.9, Cileungsi-Bogor 16820
Telp. 021 68209593 - 0812 1897 9357
Email: training.online14@yahoo.co.id
BANK MITRA JARI ALJABAR
image

Bank Syariah Mandiri

BANK MITRA JARI ALJABAR
image

Bank BRI Syariah

Setiap proses transaksi dapat dikirim ke Jari Aljabar Center Indonesia melalui:

  1. Bank Syariah Mandiri, no rekening: 10370 23658
  2. Bank BRI Syariah, no. rekening: 1002469096
  3. Bank Mandiri, no. rekening: 129 00 07579960

a.n. Bahruddin MD

Dimohon untuk mengirimkan konfirmasi setelah transfer melalui SMS ke nomor 0812 1897 9357 dengan format:

nama_jumlah dana_nama bank_untuk pembayaran_alamat lengkap_no telp 

Contoh: Amir_7,5 juta_BSM_DP cabang_Jl Bunga Raya no 9 RT 009/08 Kec. Cileungsi - Bogor 16820_0219128987

Ruang Tamu Jari Aljabar
image

Kursi Jari Aljabar

KEUNGGULAN JARI ALJABAR
image

Aurel : Siswi Jari Aljabar berprestasi yang tampil pada acara Kick Andy di MetroTV, 20 Februari 2011.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------


Keunggulan

 

Jari Aljabar

 

adalah

 

RAHMAT :

 

 

 

Ringkas

 

Aktif

 

Harmoni

 

Mudah

 

Aplikatif

 

Terpadu

 

LAMBANG BILANGAN JARI ALJABAR
image

 

 

Lambang bilangan Jari Aljabar seperti tertera pada gambar adalah merupa kan lambang dari suatu angka yang ditunjukan oleh formasi jari tangan, dan bukan menunju kan suatu jumlah dari banyaknya jari tangan.


Lambang bilangan Jari Aljabar berfungsi juga sebagai alat hitung yang konsisten dari suatu operasional penjum-lahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.  Terbukti mudah dioperasikan, cepat, cerdas dan menyenangkan.


Penemuan lambang bilangan ini oleh Bahruddin MD telah didaftar sebagai Hak Cipta di Dirjen Hak Cipta Dept Hukum dan HAM RI dan telah mendapat anugrah Rekor Dunia Indonesia MURI katagori Penemuan pada 20 Feb 2010 di Semarang. (BRD)


brd/jarialjabar/3/2011

 

8 Tips

Metode belajar

Jari Aljabar.

 

1. Belajar tidak diawali dengan cara menghafal.

2. Belajar dengan pemahaman dan pengembangan logika.

3. Belajar dengan kaidah bilangan matematika basis 10.

4. Tidak memberikan PR yang belum dipelajari di kelas.

5. Tidak memberikan nilai yang mengecewakan atau mempermalukan siswa.

6. Selalu memberikan apresiasi dan pujian.

7. Dihadapan guru semua siswa pintar, dan tidak ada anak bodoh

8. Belajar dalam suasana yang menyenangkan, tidak tegang dan menakutkan.

------------------------------------------

brd/jarialjabar/3/2011

 

8 Aspek

Perkembangan

Anak

Dapat di Latih

Melalui

Metode Jari Aljabar

Oleh : Bahruddin MD.

 

Setidaknya ada 8 aspek yang harus diperhatikan terkait dengan perkembangan anak, hal ini dapat dilatih melalui belajar dengan Metode Jari Aljabar, 8 aspek tersebut antara lain, adalah :

 

PERTAMA,

Perkembangan fisik: hal ini terkait dengan perkembangan motorik dan fisik anak seperti berjalan dan kemampuan mengontrol pergerakan tubuh,seperti menggerakan tangan dan jari pada saat belajar dengan metode Jari Aljabar.

 

KEDUA,

Perkembangan sensorik: berkaitan dengan kemampuan anak menggunakan panca indra dalam mengumpulkan informasi, seperti gambar2 yang di tampilkan pada saat belajar lambang-lambang Jari Aljabar.

 

KETIGA,

Perkembangan komunikasi dan bahasa: terkait dengan kemampuan menangkap rangsangan visual dan suara serta meresponnya, terutama berhubungan dengan kemampuan berbahasa dan mengekspresikan pikiran dan perasaan, seperti bernyanyi pada saat belajar Jari Aljabar.

 

KEEMPAT,

Perkembangan kognitif: berkaitan dengan bagaimana anak berpikir dan bertindak, seperti pada saat belajar konsep berhitung, penjumlahan dan pengurangan dengan metode Jari Aljabar.

 

KELIMA,

Perkembangan emosional: berkaitan dengan kemampuan mengontrol perasaan dalam situasi dan kondisi tertentu, seperti blajar teliti, percaya diri, ketenangan, kebanggaan dan kesenangan ketika belajar metode jari Aljabar. Baik dilakukan dalam latihan mengerjakan soal ataupun ujian kenaikan level. Dan interaksi sesama teman.

 

KEENAM,

Perkembangan Kepekaan (sensitifitas) berkaitan dengan  kemampuan reaksi personal dalam menerima dan menghadapi situasi dan kondisi tertentu. Sehingga anak akan cepat merespon situasi dan kondisi tsb dengan baik dan positif.  Hal ini diajarkan dalam metode jari aljabar melalui soal-soal cerita yang membantu menggugah sensitifitas atau  kepekaan anak terhadap lingkungan yang dihadapinya. 


KETUJUH,

Perkembangan sosial: berkaitan dengan kemampuan memahami identitas pribadi, relasi dengan orang lain, dan status dalam lingkungan sosial, seperti belajar dalam kebersamaan, kerjasama,dan berkelompok. Baik dilakukan didalam kelas maupun di luar kelas.

 

KEDELAPAN,

Perkembangan Spiritual : berkaitan dengan kemampuan memahami identitas keyakinannya (agamanya), hubungannya dengan orangtua, dengan Rosulnya, dan dengan Sang Pencipta Maha pemilik Ilmu, Allah SWT.  Dalam hal ini Metode Jari Aljabar mengajarkan Doa sebelum belajar, Soal cerita dalam matematika dengan sentuhan nilai-nilai agama, seperti akhlakul karimah, ibadah dan muamlah. 

 

Demikian mudah-mudahan Jari Aljabar adalah solusi cara belajar yang baik dan efektif bagi putra-putri anda.

--------------------------------------------------------------------

brd/jarialjabar/6/2011

 

Metode Jari Aljabar

Mudah

Cepat

Cerdas dan

Menyenangkan

 

------------------------------------------------------------------------

brd/JACI/07/2011

SLINK

METODE BARU : Anak Usia Dini Bisa Belajar Matematika.

image

 
BANDAR LAMPUNG (Lampost):

Anak-anak usia dini yang tergabung dalam PAUD, TK atau Raudhlatul Athfal (RA), kini bisa belajar matematika, menulis dan membaca dengan lebih menyenangkan sejak ditemukannya metode jari aljabar dan latihan tulis baca atau latuca anak usia dini.
Metode jari aljabar ditemukan oleh Baharudin dari Jawa Barat, diperkenalkan kepada para guru RA se-Lampung dalam pelatihan yang digelar oleh Ikatan Guru Raudhlatul Athfal (IGRA) Lampung, diikuti 525 guru di aula Islamic Center, Minggu (11-1).

Ketua IGRA Lampung Wiwin Triyani mengatakan selama ini untuk belajar menghitung siswa PAUD harus dibantu dengan alat. Namun, dengan jari aljabar atau metode aljabar siswa cukup menggunakan jari untuk belajar menghitung.

"Dengan menggunakan metode jari aljabar siswa bisa menghitung hingga ratusan cukup dengan sepuluh jari tangan," kata dia.
Metode ini mengajak siswa kreatif menggunakan sepuluh jarinya untuk menghitung penambahan maupun pengurangan. Sehingga, meskipun siswa masih duduk di RA atau kelas I SD sudah mahir menghitung hingga ratusan tanpa alat bantu.

Sementara itu metode latuca mengajak siswa belajar menulis dan membaca secara santai dan menyenangkan. "Dengan alat bantu peraga, siswa diajak belajar menulis dan membaca sambil bermain, sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan," kata dia.
Namun, sejumlah guru mengeluh pelatihan hanya digelar sekali, tanpa ada pelatihan lebih lanjut mereka belum bisa mengusai kedua metode tersebut dengan baik. Jumaida, salah satu peserta dari Tanggamus, mengatakan metode jari aljabar memang mengasyikkan. Namun, dia sendiri belum paham dengan apa yang disampaikan pemateri sehingga dia belum berani mengajarkan metode tersebut kepada para siswanya.
"Seharusnya pelatihannya digelar dua atau tiga kali agar kami lebih paham. Kalau saya sendiri tidak paham dan mengerti, saya tidak mungkin mengajarkan kepada siswa," kata dia.
Oleh sebab itu, para guru meminta ada pelatihan di sekolah-sekolah dengan biaya yang lebih ringan dan terjangkau. Sehingga, metode yang diberikan bisa diserap optimal oleh para guru. n UNI/S-1

Tue, 26 Oct 2010 @09:45


27 Komentar
image

Fri, 26 Nov 2010 @21:35

Lifia riana putri

Sy pingin banget pinter aljabar dan menjadi anak pinter biar aku bisa rangking 1,,,,, kasi tau dong rahasia.a ok

image

Sat, 19 Feb 2011 @09:28

eka lely khairani sinurat spd

Saya sangat tertarik dengan metode jari aljabar ini, krn kebetulan saya punya 2 anak balita.. dan ingin sekali mengajarkan berhitung yang simple bagi anak usia dini. mhn informasi dimana saya bisa mendapat buku panduan cara mengajar matematika dengan metode jari aljabar

image

Sat, 19 Feb 2011 @22:23

ermi danti

mohon infonya dimana alamat kursus jari aljabar wilayah surabaya timur. terima kasih.

image

Sat, 19 Feb 2011 @23:50

febby

wew, saya sangat tertarik dengn metode ini ,.
saya lihat pertama kali d acara kick Andy d MetroTV ..

gmna ya mendatangkan anda k sekolah2, seperti acara seminar ..

image

Sun, 20 Feb 2011 @16:59

Amri Salam

Saya tertarik dengan metode ini. Mohon beri alamatnya untuk dihubungi.

image

Sun, 20 Feb 2011 @17:09

dadang jayakertana

di mana saya bisa belajar jari aljabari? dan berapa biayanya?

image

Sun, 20 Feb 2011 @18:08

Fahrur Rozi

HEBAT!!! inilah salah satu karya yang di tunggu bangsa ini, by the way, cara pembukaan cabangnya bagaimana pak?

image

Mon, 21 Feb 2011 @07:44

sitimar77@yahoo.co.id

DH
Tolong informasinya untuk cabang Bogor

Apip A

image

Mon, 21 Feb 2011 @10:57

ren yozy

mau tanya, kalau saya mau pesan bukunya kemana? dan bagaimana caranya, mohon informasinya

image

Mon, 21 Feb 2011 @17:02

khairil Anam

mau pesan buku gmn caranya..?

image

Mon, 21 Feb 2011 @19:31

tania mustika bintari

saya mau belajar jari aljabar mohon petunjuk di manakah dan bagaimana kah saya dapat belajar...........?
posisi saya di tanjung pinang, kepulauan Riau

image

Tue, 22 Feb 2011 @16:15

Ummu Zahid

Bagaimana cara saya bisa mendapatkan buku Ayo Belajar Jari Aljabar? Saya sudah tanyakan Toko buku terbesar di kota saya, tapi tidak ada. Saya seorang guru di Pondok Pesantren di kota Duri-Riau, dan ingin sekali mempraktekan metode jari aljabar ke siswa-siswa saya yang sebagian besar dari mereka masih kesulitan dalam mempelajari pelajaran Matematika terutama dalam operasi hitung. Terima Kasih atas informasinya,

image

Thu, 24 Feb 2011 @09:00

Agus Suprapto

Saya mau pesan produk pendukung Jari Aljabar, berupa Buku tingkat TK , SD, Flash card. Mohon Info Harga dan nomor rekening. Trims

image

Thu, 24 Feb 2011 @09:41

Penemu Metode Jari Aljabar Bahruddin MD

Kepada semua, saya ucapkan terima kasih atas komentar dan dukungannya terhadap Jari Aljabar. Setahun pertama kami membuka kesempatan kpd masyarakat luas utk mendapatkan buku dan pelatihannya secara lengkap. Ternyata masyarakat kita belum siap untuk mengahrgai dan menjaga kepercayaan dari kami. Hal ini diketahui dari terjadinya pembajakan buku2 kami yg kemudian di jual dengan sangat mahal melalui penjualan On Line. Kemudian tersebarnya bimbel dan tempat kursus yg menggunakan metode dan buku kami yg diklaim sebagai penemuan dirinya. Kasus yg tertangkap oleh kami ada 4 kasus dengan orang yang berbeda dan kota yg berbeda. padahal ketahuilah bahwa metode kami telah memiliki 3 hak cipta yang dilindungi undang-undang, antara lain hak cipta metode dalam bentuk buku, hak paten dalam alat peraga lambang bilanagn dgn formasi jari tangan dan hak merk dalam bentuk logo perusahaan. jadi mohon maaf apabila sekarang buku dan pelatihan hanya diperuntukan bagi cabang dan unit jari Aljaba saja. Tksh.

image

Sat, 26 Feb 2011 @15:52

Farah D Quin

Asslmkm.. Saya asal Banda Aceh. Saya ingin skali Pelatihan dn Buku mngnai Jari Alabar. Kr sya ingn mplajarinya. Utk mmudahkn saya dlm mngikuti ujian calon karyawan. Saya sgt bharap Buku tsbut bisa sya miliki. Trim's.. Wasslm..

image

Mon, 28 Feb 2011 @11:43

rasmi

asslmkm,pak , saya ingin mengikuti pelthn jari aljabar,tolong informasikan pelatihan jari aljabar di pekan baru.makasih.

image

Mon, 28 Feb 2011 @13:32

siti fadhilah

assalamualaikum wr.wb pak saya bersyukur sekali dengan metode ini. pak saya ingin skali bs belajar metode ini untuk bisa membekali belajar anak saya.saya berharap bs mndptkan buku tsbt.terimakasih. wass.

image

Wed, 2 Mar 2011 @20:27

Ninik Setyowati

Assalamualaikum, perkenalkan nama saya ninik setyowati, saya tinggal di kabupaten pati jawa tengah.profesi adalah sebagai guru dan juga ibu dari satu anak. setelah saya melihat kick andy tentang jari aljabar saya jadi tertarik untuk mempelajari dan ikut bekerjasama dengan bapak bahruddin dalam pembukaan waralaba. bisa dijelaskan bagaimana caranya? terimakasih. wassalamualaykum wr wb

image

Fri, 4 Mar 2011 @08:19

nunik nuryanti

assalamu'alaikum....... saya berasal dari pasuruan jawa timur
apa di daerah pasuruan sudah di buka cabang untuk pembelajaran jari aljabar?
apabila saya ingin mempelajarinya,bagaimana saya bisa mendapatkan buku yang bisa saya pelajri dan saya terapkan untuk anak saya.terimakasih
wassalam.....

Jawab :.
Mohn maaf , mengenai buku kami tidak menjual untuk umum, buku hanya diperuntukan buat cabang dan unit kursus saja.

image

Tue, 8 Mar 2011 @10:59

maria

apa ada bimbel jari aljabar di wilayah surabaya barat? tlg informasinya. terima kasih

image

Wed, 9 Mar 2011 @09:52

Mahrusun

Assalamu'alaikum wr, wb.
Saya tingga di Cirebon Jawa Barat ingin sekali mempelajari Jari Aljabar giman yah pa caranya, atau kalau bisa bapak buka cabang di Cirebon biar kami bisa mengikuti kursusnya yang nantinya kami akan kembangkan di Cirebon.
Wassalamu'alaikum. wr, wb.

image

Wed, 9 Mar 2011 @14:18

eva l

kapan ada pelatihan di bandung? tolong minta informasinya. Terima kasih

image

Sat, 9 Apr 2011 @13:00

juli fitrina

aslkm, sy juli di banda aceh, sy ingin sekali mempelajari jari aljabar krn dpt menunjang sy dalam mengajar. Sy ingin menerapkan kpd anak2 di kelas. Apakah di aceh ada pelatihan nya?

image

Sun, 24 Apr 2011 @00:56

Bang im

Wah..jari2 ternyata bisa menjabarkan ya??

image

Tue, 25 Sep 2012 @07:39

Hadi

Assalammualaikum Wrwb
Mhn maaf pak boleh tahu beda konsep Bapak dengan metode ini :
1.Jarimatika
2.Jarimagic
3.PrismaKalkulator
Terus terang kami tertarik dengan metode jari yang ingin kami aplikasikan pada anak sendiri.
Namun kami tentu saja tidak ingin salah dalam mengambil lisensi suatu usaha.
Bagaimana tanggapan Bapak ?
trims

image

Fri, 18 Jan 2013 @17:34

Jasa Penerjemah

kalau di tanjung pinang kepri ada ga ya? saya search di google yang keluar web ini, makasi info nya ya^^

image

Wed, 27 Aug 2014 @13:22

les privat

dari kecil memang harus sudah diajarkan cara kegiatan belajar mengajar karena umur2 segitu gampang nangkap kegiatan bimbingan belajar kalau bisa dari kecil sudah di ikutkan kegiatan kursus private


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+4+4

Copyright © 2014 Yayasan Jari Aljabar Indonesia · All Rights Reserved